Cara Mengatasi Data Seluler Tydak Muncul Di Smartphone Atau Di Android Kamu

Cara Mengatasi Data Seluler Tydak Muncul Di Smartphone Atau Di Android Kamu
Cara Mengatasi Data Seluler Tydak Muncul Di Smartphone Atau Di Android Kamu


Data seluler Tydak muncul di handphone kamu? Yuk cari tahu apa penyebabnya sekaligus bagaimana cara memperbaiki data seluler Tydak muncul di HP Android.

Pernahkah kamu mengalami sinyal internet atau data seluler Tydak muncul di smartphone? Sinyal internet atau data seluler merupakan hal penting yg harus selalu aktif pada smartphone.

Jika data seluler Tydak muncul, maka otomatis kita Tydak bisa terhubung atau terkoneksi dengan internet.

Penyebab Tydak munculnya data seluler biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya saja ketika kamu baru membeli SIM card dari provider baru.

Namun, selain itu, ada pula beberapa faktor lainnya yg menyebabkan hal tersebut terjadi. Apa sajakah itu?

Lalu, bagaimana cara mengatasi data seluler Tydak muncul di smartphone? Simak ulasannya berikut ini, ya!
Penyebab Data Seluler atau Sinyal Internet Tydak Muncul
Terkadang, sinyal internet atau data internet Tydak muncul walaupun paket internet masih full. Apakah kamu pernah mengalami hal tersebut?

Jika iya, ada banyak penyebab yg menjadikan data seluler Tydak muncul, misalnya saja sinyal internet Tydak terjangkau atau kartu SIM yg digunakan masih baru sehingga belum terdaftar, dan lain sebagainya.

Namun, beberapa penyebab data seluler Tydak muncul yg paling sering terjadi adalah sebagai berikut.

08 773c6

Sebelum membahas penyebab data seluler Tydak muncul lainnya, kemungkinan pertama yg sering terjadi namun terkadang Tydak disadari yaitu, belum melakukan registrasi pada kartu SIM yg baru digunakan.

Atau, sudah melakukan registrasi namun belum tuntas. Jadi, kartu SIM sudah memunculkan sinyal tapi belum bisa digunakan untuk apapun.

Cara mengatasinya yaitu dengan mematikan smartphone terlebih dahulu lalu menghidupkannya kembali. Setelah itu, kamu akan mendapatkan petunjuk untuk melakukan registrasi ulang.

Jika permintaan registrasi ulang Tydak muncul, maka kamu harus mematikan smartphone kembali, lalu melepas kartu SIM dan memasangnya kembali. Kemudian, hidupkan smartphone.


06 Bbdfe
Penyebab sinyal internet Tydak muncul selanjutnya yaitu, bisa saja dikarenakan kamu sedang berada di tempat yg minim sinyal. Dengan begitu, maka data seluler pun akan terpengaruh sehingga Tydak muncul sama sekali.

Kalau masalah ini yg kamu alami, maka satu-satunya cara mengatasi data seluler Tydak muncul tersebut yaitu dengan berpindah tempat atau keluar dari area yg Tydak terjangkau sinyalnya tersebut.

04 C5028

Data seluler disediakan oleh perusahaan operator seluler. Jadi, bisa saja salah satu penyebab data seluler Tydak muncul yaitu sedang terjadi gangguan dari operator.

Selain itu, Tydak setiap lokasi juga bisa dijangkau oleh operator seluler tersebut.

05 B5550
Penyebab selanjutnya sinyal internet kamu Tydak muncul yaitu bisa saja disebabkan karena terjadinya kerusakan pada hardware smartphone kamu.


Jika hal ini yg terjadi, maka Tydak ada pilihan lain selain membawa smartphone kamu ke service center untuk memperbaiki kerusakannya.

03 D837d
Kalau kamu membuka menu pengaturan data di smartphone, mungkin kamu akan menemukan menu APN. Lihat menu APN tersebut, apakah terisi atau Tydak tersedia alias kosong? Jika kosong, mungkin itulah salah satu penyebab data seluler kamu Tydak muncul.

Ya, untuk terhubung dengan jaringan internet, maka smartphone kamu harus memiliki nama titik akses (APN). seperti contoh Smartfren, Indosat Ooredoo, atau yg lainnya.


APN atau Access Point Names adalah sarana yg digunakan oleh penyedia operator seluler untuk menghubungkan smartphone ke jaringan internet.

Seharusnya, menu ini otomatis muncul dan terhubung di smartphone, namun mungkin kamu lupa pernah mengotak-atik sesuatu sehingga APN menjadi hilang.

Atau, APN Tydak hilang, tapi ada salah satu menu yg berubah sehingga data seluler menjadi Tydak muncul.

Nah, kalau kamu sudah mengetahui apa saja penyebab sinyal internet kamu Tydak muncul, maka selanjutnya kamu bisa mencari tahu bagaimana cara mengatasi data seluler yg Tydak muncul tersebut. Beberapa cara mengatasinya adalah sebagai berikut.


Cara Mengatasi Data Seluler yg Tydak Muncul atau Hilang
Jika sudah mengetahui apa saja penyebabnya, berikut ini adalah cara mengatasi data seluler Tydak muncul atau hilang yg bisa kamu lakukan.

1. Melakukan Restart pada Smartphone
07 F133a
Seperti yg sudah disebutkan sebelumnya, mungkin salah satu penyebab data seluler Tydak muncul yaitu ketika kamu baru membeli kartu SIM baru.

Saat menggunakan kartu SIM baru, maka kartu tersebut harus didaftarkan terlebih dahulu. Setelah proses registrasi atau pendaftaran selesai, maka kamu akan direkomendasikan untuk melakukan restart pada smartphone.

Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan agar kartu SIM sudah benar-benar siap untuk digunakan. Terkadang, provider juga perlu penyegaran smartphone untuk meng-update fungsi dari kartu SIM tersebut.

2. Aktifkan Mode Airplane
02 0bc83
Menggunakan mode airplane juga patut dicoba untuk memancing sinyal jaringan internet yg Tydak muncul. Caranya yaitu, hidupkan mode airplane, lalu tunggu selama 30 detik, kemudian matikan kembali mode airplane tersebut.

Selanjutnya, tunggu kembali selama 30 detik, kemudian coba hidupkan data seluler. Mode airplane sering digunakan untuk menonaktifkan semua fungsi seperti sinyal, jaringan internet, dan lain sebagainya.

Selain itu, mode airplane ini pun bisa digunakan untuk mengatasi sinyal internet yg hilang. Fungsinya hampir sama dengan restart.

Bedanya, mode airplane ini hanya akan melakukan refresh pada beberapa fitur, seperti sinyal dan jaringan internet.

3. Pembuat Pengaturan APN Baru
01 5d50c
Seperti yg sudah disebutkan sebelumnya, APN atau Access Point Names adalah sarana yg digunakan oleh penyedia operator seluler untuk menghubungkan smartphone ke jaringan internet.

Setiap provider atau operator seluler memiliki nama APN yg berbeda-beda. Secara default, smartphone kamu akan diberikan APN sesuai dengan provider atau operator seluler yg digunakan.

Seharusnya, menu ini otomatis muncul dan terhubung di smartphone, namun mungkin kamu lupa pernah mengotak-atik sesuatu sehingga APN menjadi hilang. Atau, APN Tydak hilang, tapi ada salah satu menu yg berubah sehingga data seluler menjadi Tydak muncul.

Jika langkah-langkah di atas belum juga berhasil, mungkin inilah cara terakhir yg bisa dilakukan untuk mengatasi sinyal internet yg hilang, yaitu dengan Pembuat pengaturan APN yg baru pada smartphone kamu.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Langkah 1 - Masuk ke menu Pengaturan.

Langkah 2 - Jika sudah, pilih sub menu Jaringan & Internet .

APN 1 5d54c
Langkah 3 - Lalu, pilih Jaringan Seluler dan klik menu Nama Titik Akses .
APN 2 19892
Langkah 4 - Selanjutnya, klik tanda titik tiga untuk menambahkan APN baru dan masukkan nama APN baru sesuai dengan provider atau operator seluler yg kamu gunakan.
APN 3 3934e
Untuk kamu yg masih kurang familiar dengan bagaimana cara mengatur APN di smartphone, kamu bisa merujuk kepada artikel di bawah ini.

Cara Setting Apn Internet Android Banner B5b63

 Cara Setting APN Internet HP Semua Operator (Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, AXIS, 3 Dan Smartfren)

 Pernah merasakan internet HP lemot parah? Mungkin kamu belum mengetahui cara setting APN internet untuk HP Android. Ini ulasan lengkap semua operator!

 LIHAT ARTIKEL
Langkah 5 - Terakhir, tekan tombol kembali dan lihat apakah data selulernya sudah muncul atau belum. Selesai.
Setelah APN di baru ditambahkan, maka sinyal internet atau data seluler kamu akan muncul kembali.

Kata Akhir
Nah, itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi data seluler yg Tydak muncul.

Jika sinyal internet di smartphone kamu Tydak muncul, kamu bisa mencoba cara-cara di atas untuk memperbaikinya. Semoga bermanfaat, ya :)

0 comments